Alasan Kenapa Harus Konsumsi Pisang 3x Sehari



Alasan Kenapa Harus Konsumsi Pisang 3x Sehari [ www.BlogApaAja.com ]

Penelitian yang dilakukan ilmuwan Inggris dan Italia menemukan asupan pisang secara teratur berdampakpenting bagi kesehatan jantung seseorang. Makan tiga buah pisang setiap hariefektif mengurangi risiko stroke.



Menurut ilmuwan, satu pisang saat sarapan, makan siang dan makanmalam memberi cukup kalium untuk mengurangi risiko penggumpalan darah di otaksebanyak 21 persen.

Temuan, seperti dikutip Times of India juga menunjukkan bahwa strokedapat dicegah dengan konsumsi lainnya makanan kaya potasium seperti bayam,kacang, ikan bandeng, dan kacang lentil.

Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan menganalisis data darisebelas studi yang berbeda dimulai sejak pertengahan 1960-an dan mengumpulkanhasilnya.

Mereka menemukan asupan kalium harian sekitar 1.600 mg, setengah dariyang dianjurkan sebesar 3.500 mg bagi orang dewasa, sudah cukup untukmenurunkan risiko stroke lebih dari seperlima kali.

Satu buah pisang rata-rata mengandung sekitar 500 miligram potasium,yang membantu untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairandalam tubuh. Kekurangan kalium menyebabkan seseorang mudah marah, mual,denyut jantung tidak teratur, dan diare.

Peneliti dari University of Warwick dan University of Naplesmengatakan, "Asupan kalium padakebanyakan orang jauh dari jumlah yang disarankan setiap hari."

Selain mengurangi risiko stroke, asupan kalium ternyata mampumengurangi asupan garam. Studi ini telah dipublikasikan dalam Journal ofAmerican College of Cardiology.


Follow On Twitter