6 Tips Aman Berlibur Di Pantai



6 Tips Aman Berlibur Di Pantai [ www.BlogApaAja.com ]

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari liburanke pantai bersama keluarga. Hangatnya matahari, deburan ombak dan sentuhanpasir bisa menenangkan pikiran dan membawa suasana keceriaan. Ditambah lagi,pantai merupakan tempat liburan paling cocok dan menyenangkan untuk seluruhanggota keluarga.



Tapi liburan di pantai juga memilikisejumlah risiko, terutama untuk anak kecil. Baik orang dewasa maupun anak-anakperlu memerhatikan panduan keamanan dasar, agar risiko kecelakaan bisadikurangi.

Berikut ini enam tips liburan aman dipantai, seperti dilansir Helium.

1. Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung



Sinar matahari paling berbahaya antara pukul10.00 - 14.00. Sangat disarankan Anda tidak berjemur di pantai pada jam-jamtersebut. Jika tetap ingin menikmati pemandangan pantai di siang hari, sewalahpayung yang biasa digunakan di pantai atau dirikan tenda.

2. Topi dan Sunblock



Kenakan kaus berbahan katun yang nyaman danmudah menyerap keringat dan topi. Jangan lupa juga oleskan krim tabir suryasetiap 2 jam sekali dan setelah keluar dari air. Cara ini akan meminimalkankerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari. Dampak negatif sinar mataharibisa berisiko lebih tinggi pada anak kecil, karena biasanya kulit mereka lebihtipis dan sensitif.

3. Periksa Kondisi Air



Pantai rekreasi biasanya memiliki pengawasatau penjaga pantai yang menginformasikan kondisi air dan gelombang. Sebelumberenang, ada baiknya jika Anda menanyakan kepada penjaga pantai soal kondisipantai, apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang.Tanyakan juga apakah ada ubur-ubur di sekitar bibir pantai (terkena ubur-uburbisa sebabkan iritasi pada kulit). Jangan paksakan berenang jika kondisisedang pasang atau ombak terlalu besar. Segera bawa anak-anak keluar dari airjika ada ubur-ubur di dekatnya.

4. Berenang



Ada alasan kenapa bendera ditempatkan disekitar perairan pantai. Beberapa pantai mempunyai karang atau tanaman yangmerobek kulit saat kita berenang melewatinya. Bendera-bendera tersebut biasanyadipasang di daerah yang kemungkinan berbahaya. Pemasangan bendera juga sebagaitanda batas aman Anda boleh berenang. Jangan pernah berenang melewati benderaagar Anda atau anak Anda tidak lepas dari pengawasan penjaga pantai.

5. Awasi Anak Anda



Tidak peduli seberapa aman situasi di pantai,jangan biarkan anak-anak lepas dari penjagaan Anda. Laut bisa sangat berbahaya,dan anak kecil biasanya rentan tersapu ombak. Jaga selalu anak Anda jangansampai masuk ke dalam air terlalu dalam.

6. Jangan Menyentuh Cagar Alam Lokal



Tegaskan pada anak Anda, maupun anggotakeluarga lainnya untuk tidak menyentuh atau mendekati cagar alam, baik itutumbuhan maupun hewan. Selain mengajari anak untuk tidak merusak lingkungan,juga menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan seperti sengatan ubur-uburatau gigitan ikan.


Follow On Twitter