Tips Feng Shui Untuk Dapur Anda



Prinsip Feng Shui telah mempengaruhi desain-desain rumah di Asia. Banyak orang yang mempercayai prinsip desain tersebut dapat mendatangkan keuntungan, kesehatan dan rejeki, sementara beberapa orang lainnya secara sederhana berpendapat bahwa dengan mengetahui prinsip dasar Feng Shui dapat membawa pengaruh positif secara psikologis.



Selain merupakan tempat makanan disiapkan, sebuah dapur turut dikatakan menjadi simbol dalam kesejahteraan personal dan keuangan. Dalam menyambut tahun baru Imlek, Monique Leander, Product Manager Kitchen Appliances PT Electrolux Indonesia berbagi tips dalam penataan dapur 2013 berdasarkan Feng Shui ala Electrolux.

Tempatkan peralatan di tempat yang tepat
Dapur merupakan tempat dimana elemen api dan air yang berlawanan disarankan ada secara berdampingan. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan posisi peletakan kompor, wastafel dan lemari es supaya tidak terletak tepat berseberangan atau berdampingan satu sama lain. Sangatlah baik, jika kita menerapkan prinsip klasik Kitchen Triangle (Segitiga Dapur) yang menempatkan tiga perlengkapan dapur utama dalam tatanan segitiga yang dapat meminimalisir pergerakan di antara tiga perlengkapan tersebut selama memasak, jelas Monique.

Pastikan untuk memilih warna dan elemen yang dapat dipadu padankan dengan baik. Warna terang seperti putih dan kuning merupakan pilihan bagus, karena warna tersebut dapat membuat ruangan menjadi lebih terang. Warna-warna kuat dapat digunakan dalam aksen dan perlengkapan. Namun jangan abaikan penggunaan warna tegas seperti hitam yang dapat digunakan sebagai elemen air pada area jika diperlukan.


Dalam hal ini, rangkaian koleksi kitchen appliances dari Electrolux dengan materi stainless steel dan kaca dapat berpadu mulus dengan berbagai warna.

Sembunyikan tepian
Bentuk dan sudut yang tajam dapat membawa energy negatif dan kurang baik untuk ruang dapur, karena hal tersebut mempunyai potensi untuk menimbulkan luka fisik. Contohnya seperti pisau di dapur, yang harus kita simpan di laci dan tempat pisau khusus, terutama jauh dari jangkauan anak-anak.


Sebisa mungkin, gunakan bentuk yang membulat yang dapat ditemui di panci dan wajan. Panci dan wajan yang reflektif dan berbahan stainless steel dapat membawa Feng Shui yang bagus.


Kompor tanam brio series dengan tampilan kaca yang mulus, tahan panas, dan mudah dibersihkan serta dilengkapi juga dengan fitur Thermocouple sebagai pengaman kebocoran gas memberikan rasa aman dalam penggunaan di dapur rumah anda.

Kurangi perabot dan beri area kosong
Ruang terbuka dengan sinar yang ada membawa energi positif di area tersebut. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memenuhi ruang dapur anda dengan terlalu banyak perabot, serta bersihkan lemari, laci dan kulkas secara teratur. Jika tidak, akan terdapat energi stagnan di dapur kita, yang tidaklah baik bagi kita dan juga makanan yang dimasak.


Jika kita kekurangan dalah hal ruang, cobalah untuk melaksanakan tips penataan interior yang paling umum untuk membuat tampilan ruang yang lega, seperti tampilan rak yang terbuka. Penggunaan kaca juga merupakan solusi umum dalam prinsip Feng Shui untuk secara visual melegakan ruangan dan memudahkan cahay untuk menyebar di seluruh ruangan.

Follow On Twitter