Astaga,merpati Rugi Rp 2 Miliar-rp 3 Miliar Per Hari



Astaga,merpati Rugi Rp 2 Miliar-rp 3 Miliar Per Hari [ www.BlogApaAja.com ]

- Komisaris Utama PT Merpati Nusantara Airline (MNA) Persero Rudy Setyopurnomo sudah secara resmi dilantik menjadi pejabat sementara (pjs) MNA. Rudy bercerita tentang pengangkatannya menempati posisi baru tersebut. "Saya diberi tugas untuk memimpin Merpati. Barusan pelantikannya," ujar Rudy di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (14/5/2012).

Dengan pelantikan ini, Rudy akan memimpin maskapai kedua milik pemerintah tersebut. Namun, pelantikan posisi baru itu langsung disambut dengan tugas besar. Salah satunya menjaga rasio keuangan perusahaan agar stabil, meski saat ini sedang merugi. "Merpati rugi karena tidak diurus dengan baik," tambahnya.

Rudy menjelaskan, kinerja MNA pada tahun 2011 telah merugi Rp 750 miliar. Di kuartal I-2012, MNA juga merugi Rp 250 miliar. Bahkan pada April 2012, mereka juga merugi Rp 106 miliar. Rugi perusahaan tersebut disebabkan oleh tingkat isian penumpang pesawat kosong.

Rudy mencontohkan, rute Jakarta-Bandung 56 kursi hanya terisi 4-6 penumpang. "Bahkan kadang-kadang kosong. Padahal, harganya Rp 90.000," ungkapnya.

Meski MNA dengan harga murah, angka banderol tiket pesawat tersebut masih kalah dengan penawaran perusahaan travel atau tiket kereta api Jakarta-Bandung yang selama ini digandrungi penumpang. "Itu karena masyarakat tidak tahu. Kami juga tidak ada biaya promosi. Jadi MNA rugi Rp 2 miliar-Rp 3 miliar per hari," tambahnya.


Follow On Twitter