Penjara Paling "unyu-unyu" Sedunia



Penjara Aranjuez di Spanyol bukanlah penjara biasa. Narapidananya boleh saja sangar, tapi tunggu sampai Anda lihat dinding penjara yang bergambar kartun. Tak heran wisatawan pun hilir-mudik di selasar penjara tersebut.

Kesan menyeramkan dan membosankan tak selamanya melekat pada bangunan penjara. Kalau tidak percaya, Anda bisa traveling ke Spanyol untuk mengunjungi Penjara Aranjuez. Letaknya berada di Kota Aranjuez, berjarak hanya 50 km dari Kota Madrid.


Penjara Aranjuez dengan dinding selnya yang bergambar kartun

Jangan kaget jika bangunan penjara ini tidak seperti rumah tahanan pada biasanya. Penjara Aranjuez terlihat lebih rapi dan penuh warna. Penjara ini sangat ramah bagi keluarga dan anak-anak para narapidana. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa ini adalah penjara bintang lima.

Penjara Aranjuez memiliki 36 sel tahanan. Tapi saat ini baru setengahnya yang diisi oleh tahanan serta keluarganya. Masing-masing tahanan bebas membawa masuk keluarganya, termasuk anak-anak.

Yang paling menarik dari penjara ini tentu saja ruangannya yang sangat rapi dan bersih. Tak ada kesan kotor di sini. Yang ada hanya aroma wangi dari setiap ruangannya dan tentu saja gambar-gambar kartun di dinding setiap sel napi.


Keluarga narapidana yang sedang bersantai di selasar rutan

Setiap sel punya gambar yang berbeda, kebanyakan dikenal oleh anak-anak. Di dinding yang berwarna putih dan biru terang, menempel gambar tokoh kartun Tweety, Alice in Wonderland, Spongebob Squarepants, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain ruang tahanan yang nyaman, Penjara Aranjuez juga memiliki fasilitas "unyu" lainnya, seperti taman bermain untuk balita dan ruangan khusus untuk ibu menyusui. Semua fasilitas tersebut bukan tanpa sebab. Penjara Aranjuez juga memikirkan tentang banyaknya anak-anak yang harus terpisah dari orangtuanya karena sedang ditahan.

Belakangan, yang datang ke penjara ini bukan hanya keluarga dari narapidana saja. Selain sipir, ternyata banyak wisatawan yang terlihat wara-wiri di selasar bangunan. Mereka penasaran akan keunikan yang ada di dalam Penjara Aranjuez. Apakah Anda juga tertarik?

Follow On Twitter