Moving Platforms, Sebuah Sistem Transfer Penumpang Kereta Berkecepatan Tinggi Tanpa Berhenti...



Moving Platforms, Sebuah Sistem Transfer Penumpang Kereta Berkecepatan Tinggi Tanpa Berhenti... [ www.BlogApaAja.com ]

Terinspirasi dari jaringan internet, sebuah jaringan kereta super cepart masa depan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya kali ini tercetus dalam sebuah gagasan luar biasa yang disebut dengan sistem Moving Platforms yang dicetuskan oleh priestmangoode. Yaitu sebuah sistem naik turun penumpang kereta tanpa harus berhenti terlebih dahulu.

Sistem kerjanya cukup unik, dan mungkin terdengar agak gila. Namun tidak ada yang mustahil bukan??? Rencananya seperti berikut: Sebuah kereta berkecepatan tinggi akan terus berjalan melintasi relnya untuk mengangkut penumpang melintasi kota-kota besar dalam satu negara atau bahkan lintas negara. Kereta ini tidak akan berhenti di stasiun untuk menaik turunkan penumpang, melainkan akan datang sebuah kereta feeder yang akan mendekatinya dan membawakan penumpang yang akan ikut atau yang akan turun dari kereta super cepat tersebut.

Saat kereta feeder mendekat, kereta berkecepatan tinggi akan sedikit melambat dan kereta feeder akan menyamakan kecepatan sehingga bisa sejajar. lalu sebuah pintu penghubung akan dibuka untuk memindahkan penumpang dari satu kereta ke kereta lainnya. Nah setelah proses transfer penumpang selelsai dan pintu penghubung kembali ditutup, kereta feeder akan melambatkan kecepatan dan menuju setasiun lokal untuk menurunkan penumpang atau mengangkut kembali, sedangkan kereta utama akan menambah kecepatannya lagi menuju kota berikutnya.

Proses ini memang terdengar agak gila, terutama konsep transfer penumpangnya. Sungguh berbahaya jika ada penumpang yang lemot atau yang berebut pintu keluar dan membuat pintu terlambat tertutup sehingga kereta feeder yang seharusnya hanya menjemput hingga jarak beberapa kilometer harus terbawa hingga keluar kota yang semestinya tidak dilewatinya. Ha ha. (ini sih jika diterapkan di negara kita yang prinsipnya "alon alon waton klakon") ^_^

Referensi : yankodesign

Follow On Twitter