10 Sosok Yang Dipercaya Sebagai Pencabut Nyawa



Dalam setiap kepercayaan, selalu ada satu sosok yang diyakini sebagai pengakhir kehidupan. Psychopomp - istilah ini dipakai secara umum, berasal dari kata Yunani "psuchopompos" yang berarti: panduan jiwa. Ujudnya bermacam-macam sesuai keyakinan yang dianut pada agama, wilayah sosial, serta jaman yang mengikuti. Sejak jaman Mesir kuno hingga abad modern, psychopomp hadir dengan julukan tertentu. Ia bisa berupa roh, iblis, bahkan dewa. Apa sajakah psychopomp dalam sejarah manusia? Kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Grim Reaper



Nama ini boleh jadi paling populer sedunia karena dikenal banyak orang. Pemakaian sosoknya yang menyeramkan - tengkorak berjubah hitam membawa sabit - di berbagai media industri (musik, seni rupa, buku, dan propaganda lainnya) membuatnya semakin terkenal. Konon, Grim Reaper mulai digambarkan sebagai pencabut nyawa sejak abad kelima belas.

Berbagai versi berkembang tentang caranya mengambil jiwa manusia. Misalnya saja, ia bisa membunuh hanya dengan menyentuh seseorang dengan jarinya. Kadangkala juga digambarkan bahwa kita bisa melakukan proses tawa-menawar nyawa dengan Grim Reaper. Dalam "The Seventh Seal" diceritakan seorang ksatria bertanding catur dengannya dan jiwalah yang menjadi taruhannya.

2. Anubis



Anubis (yang kemudian digantikan oleh Osiris sebagai psychopomp Mesir) juga cukup populer. Rupanya sebagai dewa berkepala serigala yang bertugas membimbing jiwa-jiwa yang mati menuju Duat - dunia bawah Mesir - untuk menjalani penghakiman.

Dalam kepercayaan Mesir kuno, Anubis akan mengawasi proses penentuan ini, yaitu saat hati seseorang ditimbang dengan bulu. Jika ternyata hati seseorang lebih berat dari bulu, maka Anubis akan memberikannya pada Ammit, setan yang akan memakan manusia tersebut.

3. Azrael



Inilah sosok malaikat maut yang diakui keberadaannya oleh penganut agama samawi - Islam, Kristen, Yahudi. Tentu dengan pelafalan yang berbeda-beda, seperti misalnya kita kenal dengan Izrail dalam Islam. Sosok Azrael / Izrail yang akan mengambil setiap jiwa manusia saat mati untuk dikembalikan kepada Sang Pencipta.

4. Hermes



Hermes sebenarnya dewa Yunani yang bertugas di dunia perdagangan, pencurian, sekaligus dunia olahraga (atlet). Uniknya, ia juga bertugas memimpin jiwa-jiwa orang mati ke gerbang Hades, yakni dunia orang mati. Di tempat ini, Charon telah menunggu dan membawa jiwa tersebut masuk ke dalam Hades.

5. Thanatos



Selain Hermes, dalam mitologi Yunani juga mengenal sosok Thanatos. Ia sangat dibenci oleh semua manusia karena sangat kejam dan tak kenal ampun. Thanatos biasanya digambarkan sebagai seorang pemuda bersayap, membawa pedang, dan secara universal serupa dengan saudaranya, Hypnos, dewa tidur.

6. Charun



Dalam mitologi Etruscan (era antara Yunani dan Romawi), sosok pencabut nyawa "Demon of Death" adalah Charun. Kerap digambarkan juga sebagai Vanth, penguasa dunia bawah. Menurut kepercayaan, Charun akan datang pada setiap orang yang siap mati, lalu memukul kepala dengan palu sampai mati. Selain itu, Charun juga bertugas memukul jiwa orang jahat di dunia bawah selama-lamanya.

7. Charon



Jika Charun ada dalam mitologi Etruscan, yang satu ini, Charon muncul dalam kepercayaan Yunani. Tugasnya mengangkut jiwa-jiwa yang mati menyeberangi sungay Styx (kebencian) dan Acheron (nyeri). Uniknya, jiwa mati yang diangkut dalam "perahu" milik Charon harus membayar. Karena itu, setiap orang yang meninggal di jaman Yunani biasanya ada koin di dalam mulut almarhum. Masalahnya, bila jiwa yang mati tidak membayar Charon maka harus menikmati perjalanan jauh selama seratus tahun.

8. Mercury



Sosok dewa Mercury bisa dibilang sangat mirip dengan Hermes. Namun Mercury lebih dikenal dalam mitologi Romawi. Pekerjaan Merkurius adalah membimbing jiwa setelah kematian ke Avernus, sebuah kawah di Italia yang menjadi pintu masuk ke dunia bawah Romawi.

9. Valkyrie



Bagi yang pernah main game online Ragnarok mungkin mengenal sosok ini. Valkyrie dikenal dalam mitologi Norse, sosoknya sebagai dewi cantik di atas kuda terbang. Biasanya terlihat di medan peperangan, maklum bangsa Viking sangat gemar bertempur. Valkyrie akan membawa jiwa-jiwa yang mati ke Valhalla, tempat yang akan merubah jiwa yang mati tersebut menjadi einherjar (pejuang tunggal) dan menunggu terjadinya Ragnarok.

10. Xolotl



Inilah pencabut nyawa dalam keperayaan Aztec. Yakni dewa petir yang membimbing jiwa yang mati ke Mictlan, dunia bawah. Digambarkan juga, Xolotl membawa api dari neraka bagi manusia. Bentuk Xolotl serupa manusia berkepala anjing.

Baca juga, 10 Makhluk Menyeramkan dan Misterius di Dunia

Follow On Twitter