5 Monumen Paling Kontroversial Di Dunia



Bagi kebanyakan orang, monumen dianggap sebagai landmark resmi suatu daerah dan dibanggakan banyak orang. Namun, jika datang ke 5 tempat ini, Anda bisa melihat monumen yang dianggap kontroversial.

Memiliki bentuk yang unik dan jadi ciri khas suatu negara, monumen seringkali dijadikan lokasi wisata turis. Kesan resmi dan dibanggakan banyak orang identik dengan monumen. Nyatanya tidak.

Dilongok dari Travel and Leisure, inilah 5 negara dengan monumen kontroversial di dunia:




1. Valley of the Fallen, Spanyol



Monumen paling kontroversial pertama di dunia ada di Spanyol. Monumen ini dibangun atas perintah seorang diktator Spanyol, Francisco Franco. Ia memerintahkan pembuatan monumen ini untuk menghormati orang yang meninggal karena perang saudara di Spanyol.

Ia juga meminta para tahanan politik untuk mengukir basilika besar-besaran di salah satu sisi gunung. Inilah yang membuat banyak orang Spanyol tidak suka.




2. African Renaissance Monument, Senegal



Monumen Renaissance Afrika di Senegal juga dianggap sebagai salah satu monumen paling kontroversial. Pembuatan monumen ini dianggap terlalu membuang-buang uang.

Selain itu, monumen yang menggambarkan seorang pria yang menggendong anak kecil dan menarik wanita dikritik banyak orang karena terlalu seksi. Masalahnya, wanita tersebut mengenakan pakaian minim dan dianggap setengah telanjang.




3. Patung Anjing Cokelat, London, Inggris



Saat jalan-jalan ke Taman Battersea di London, wisatawan bisa melihat patung seekor anjing. Sekilas tampaknya biasa saja, namun ternyata ini adalah salah monumen yang ditentang keberadaannya.

Monumen ini dibuat oleh sekelompok orang yang menentang penggunaan hewan dalam percobaan medis. Tujuannya, untuk mengutuk pada mahasiswa yang pro-pembedahan makhluk hidup di University College.

Marah dan malu, para siswa pun merusak patung tersebut. Meski begitu, Anda tetap bisa melihatnya saat ini.




4. Monumen Beatles, Mongolia



Melihat banyak patung Buddha dan Genghis Khan di pusat Kota Ulan Bator, Mongolia, sudah biasa. Tapi ternyata tak hanya itu, di sana juga ada Monumen Beatles berbentuk gitar dan ada personel Beatles.

Patung sekaligus monumen ini dibuat para tahun 2008 untuk para penggemar musik. Sayangnya, keberadaan monumen ini ditentang, khususnya para generasi tua.




5. Monumen Perang Dunia II untuk Tentara Soviet, Bulgaria



Monumen di Sofia ini sesungguhnya dibuat untuk menghormati para tentara para era Soviet. Namun, monumen ini malah diubah dengan pemberian cat warna-warni. Bahkan, ada patung tentara yang didandani ala Superman dan Santa Claus.

Follow On Twitter