Ilmuwan Garap Robot Ala Transformers



Ilmuwan Garap Robot Ala Transformers [ www.BlogApaAja.com ]

Bayangkan robot kecil layaknya Transformer.Robot-robot tersebut bisa bergabung membentuk berbagai alat-alat praktis laluberpisah lagi setelah digunakan.



Diwartakan MumbaiMirror, MassachusettsInstitute of Technology (MIT) sedang coba menggarap "self-sculptingsand" yang bisa meniru berbagai bentuk dan benda. Kelompok ilmuwan dariDistributed Robotics Laboratory (DRL) di universitas tersebut telah membuat 30purwarupa "kerikil cerdas" beserta perangkat lunak untukmenjalankannya.

"Kami ingin mempunyai satu tas berisibenda-benda yang bisa meniru berbagai bentuk yang Anda perlukan. Sehinggaketika Anda dalam situasi terjepit dan membutuhkan peralatan khusus, cukupmemberi perintah pada tas tersebut," ujar Kyle Gilpin dari MIT.

Robot berbentuk kotak itu memiliki magnet yangdisematkan pada sisi-sisinya sehingga bisa saling menempel. Efek magnetis bisadihidupkan atau dimatikan sesuai keperluan serta tidak membutuhkan listrik.

Selain itu, di dalamnya juga terdapatmicroprosesor yang mengatur magnet mana yang harus diaktifkan. Masing-masingprosesor bisa menyimpan kode sekira 32 kilobyte dan hanya memiliki memori aktifsekira dua kilobyte.

Saat bekerja, pertama-tama robot itu akanmenyelimuti bentuk asli benda. Kemudian akan saling mengirimkan pesan tentangbentuk asli benda tersebut. Selanjutnya mereka akan mendefinisikan bentuknyasendiri sebagai tiruan benda asli.

Gilpin berpendapat masih perlu banyak haluntuk mewujudkan robot cerdas ini. Hal itu bukanlah sesuatu yang akan terjadidalam dua tahun. "Mungkin perlu 10 tahun sampai Anda bisa melihat produkseperti ini di pasar," tandasnya.


Follow On Twitter