Kenapa Alkohol Bisa Bikin Mabuk?



Kenapa Alkohol Bisa Bikin Mabuk? [ www.BlogApaAja.com ]

Semua orang tahu bahwa konsumsi alkohol bisamembuat seseorang mabuk. Tapi apa yang menyebabkan minum alkohol bikin mabuk?Alkohol adalah produk alami yang dibuat dari biji-bijian, buah atau sayuranyang difermentasi, yaitu suatu proses yang menggunakan ragi atau bakteri untukmengubah gula menjadi alkohol. Alkohol yang dihasilkan ini bisa digunakansebagai pembersih, antiseptik atau obat penenang.

Jika terbuat dari bahan alami, mengapa alkoholbisa berbahaya dan memabukkan?

Seperti dikutip dari Kidshealth, ketikaseseorang mengonsumsi alkohol, maka cairan ini akan diserap ke dalam alirandarah. Hal ini tentu saja mempengaruhi sistem saraf pusat (otak dan sumsumtulang belakang) yang mengontrol hampir semua fungsi tubuh.

Alkohol adalah sebuah depressan yang berartimemperlambat fungsi sistem saraf pusat. Zat ini bisa menghambat beberapa pesanyang seharusnya disampaikan ke otak. Karena ada hambatan tersebut, maka bisamengubah persepsi, emosi, gerakan, penglihatan dan juga pendengaran seseorang.

Dalam jumlah yang sangat kecil alkohol dapatmembantu seseorang merasa lebih santai dan mengurangi rasa cemas. Namun jikajumlahnya berlebihan bisa menyebabkan perubahan besar di otak, sehinggamenghasilkan intoxication. Gejala yang timbul jika intoxication adalahterhuyung-huyung, kehilangan koordinasi serta tidak sadar dengan ucapannya. Terkadangjuga membuat orang bingung atau mengalami disorientasi.

Orang yang mabuk berpikir bahwa dirinya bisabergerak dengan baik, padahal kenyataannya tidak seperti itu dan keluar darikarakter orang tersebut. Reaksi yang timbul sangat tergantung dari tiap orang,pada beberapa orang efek yang muncul bisa sangat ramah berbiara atau justrusangat agresif dan marah.

Jika banyak konsumsi alkohol dalam waktusingkat, maka efeknya bisa lebih cepat yang ditandai dengan muntah. Untuk kasusekstrimnya adalah pingsan, sesak napas, gula darah rendah, kejang dan bahkanbisa berakibat kematian. Perubahan sistem saraf yang berasal dari minumanalkohol bisa membuat seseorang melakukan hal-hal bodoh atau memalukan. Karenagangguan dari sistem saraf itulah yang membuat seseorang menjadi mabuk jikamengonsumsi alkohol.


Follow On Twitter